CONTOH MIKRO RPP KURIKULUM 13 BAHASA INGGRIS SMK SM 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)






A.   Kompetensi Inti 
      1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
      2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
      3.   Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
      4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.   Kompetensi Dasar
      1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
      2.1 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
      2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
      3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
      4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.   Indikator
      Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
      -     Mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa, baik dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
      -     Menjelaskan penggunaan interaksi menawarkan jasa, baik dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
      -     Menyebutkan perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
      -     Menggunakan ungkapan menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam konteks kegiatan yang terstruktur.
      -     Membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
      -     Membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
      -     Mengaplikasikan tindak tutur menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
      -     Menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal).
D.   Alokasi Waktu
      10 X 2 Jam Pelajaran
E.   Materi Pembelajaran
      Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan responnya.
      -     Fungsi sosial
             Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
      -     Struktur teks
             May I help you? What can I do for you? What if ...? Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
      -     Unsur kebahasaan
             Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
      -     Topik
            Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
             Contoh
             A    : Would you like me to help you on your new project?
             B    : I would love the help! Would you prefer helping with the writing part or is programming more your thing?
             A    : I would enjoy helping with the writing portion.
             B    : Perfect! You'll be working alone on that portion. Do you like to work alone?
             A    : That is OK sometimes.
             B    : Our first meeting is next Monday. Could you meet with us at that time?
             A    : No, I can't be there.
             B    : Please send me your background information before the meeting so I can look at it.
             A    : I can send that information to you.
             B    : OK. I look forward to working with you. Enjoy your week!
F.   Metode Pembelajaran
      -     Penugasan
      -     Observasi
      -     Tes
G.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
       Langkah 1 :     Kegiatan awal (apersepsi)
-    Doa.
-    Absensi.
-    Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran.
       Langkah 2 :     Kegiatan inti
                                Mengamati
                               -     Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menawarkan jasa serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
                               -     Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut denganmenawarkan jasa serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
                               Menanya
                               -     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara caramenawarkan jasa serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
                               Mengeksplorasi
                               -     Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menawarkan jasa serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
                               -     Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menawarkan jasaserta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
                               -     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksimenawarkan jasa serta responnya.
                               -     Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
                               Mengasosiasi
                               -     Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa serta responnyayang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
                               -     Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa serta responnyayang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
                               -     Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
                               Mengkomunikasikan
                               -     Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menawarkan jasa serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
                               -     Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
                               -     Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
       Langkah 3 :     Kegiatan akhir (Penutup)
                                -    Rangkuman.
                                      -     Penilaian proses.
                                     -     Penugasan.
H.   Sumber Belajar
      -     Audio CD/ VCD/DVD
      -     SUARA GURU
      -     Koran/ majalah berbahasa Inggris
      -     www.dailyenglish.com
I.     Penilaian
      Kriteria Penilaian:
      -     Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan jasa
      -     Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
      -     Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
      -     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

      Cara Penilaian:
      Unjuk kerja
      -     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
      -     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menawarkan jasa serta responnya
      Pengamatan (observations): 
      Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
      -     Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.
      -     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
      -     Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
      -     Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
      Instrumen Penilaian:
      Make dialogues based on the following situation and then role play them.
      1.   Your sister came from supermarket bringing many heavy things. You offer her a help.
      2.   Your little brother got a Math exercise. He hasn’t any idea to do so. You try to help him.
      3.   You see your friend at the same train. She looks so pale and worried. She has just got an accident. Her wallet was stolen by a thief.
      4.   You see an old woman crossing the road. You offer your help for her.
      5.   You are meeting by your old classmate who has just come by the same train. You have your parents waiting outside by a car. Try to offer her a lift.







Related Posts :

0 Response to "CONTOH MIKRO RPP KURIKULUM 13 BAHASA INGGRIS SMK SM 1 "

Posting Komentar

2223

Entri Populer

22345

SAMBUNG

BAHAN AJAR : http://tonismkn4.blogspot.co.id/ CLIPPING PAK HERO SULTONI : http://cbtoni1961.blogspot.co.id/ BLOG HERO SULTONI : http://toni1961.blogspot.co.id/ WA PAK HERO : http://watoni1961.blogspot.co.id/ SURYA COMARA :